(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Fasilitasi Pemasaran UMKM Sektor Perkebunan, Toko Kebun Hadir Di Kaltim Expo 2024

26 Juli 2024 PPID Berita Daerah 525
Fasilitasi Pemasaran UMKM Sektor Perkebunan, Toko Kebun Hadir Di Kaltim Expo 2024

SAMARINDA. Toko Kebun garapan Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim kembali hadir pada gelaran Kaltim Expo 2024 di Convention Hall Gelora Kadrie Oening Samarinda. Kaltim Expo 2024 sendiri berlangsung mulai tanggal 26-29 Juli, dengan menghadirkan beberapa tenant yang diisi oleh berbagai instansi di Benua Etam.

Sebanyak 117 stand turut memeriahkan gelaran Kaltim Expo 2024, salah satunya stand Disbun Kaltim yang menghadirkan "Toko Kebun". Staff Pengolahan dan Pemasaran Disbun Kaltim, Yayun menerangkan, setiap harinya, stand garapan Disbun Kaltim menyelenggarakan mini workshop dengan berbagai tema menarik.

"Contohnya beberapa hari lalu pengunjung kami ajak belajar membuat bio pestisida. Lalu sekarang mereka kami ajarkan cara membuat sirup dan selai kelapa. Nanti juga akan ada workshop pembuatan kopi. Pada hari terakhir juga akan diadakan pembelian bibit unggul," ungkap Yayun.

Selain workshop, kata Yayun, Toko Kebun juga menawarkan berbagai door prize dan hadiah langsung bagi pengunjung yang membeli produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Toko Kebun. Dengan membeli satu produk UMKM, maka pengunjung berkesempatan mendapatkan hadiah menarik dan mengikuti giveaway.

Yayun menjelaskan, Toko Kebun diinisiasi sebagai wadah bagi UKM sektor perkebunan untuk mempromosikan produk-produk mereka, karena di Toko Kebun ini sudah masuk ke ranah pasar digital seperti Tokopedia, serta pemasaran di minimarket seperti Planet Swalayan dan Blue Sky Balikpapan.

"Kami juga menawarkan produk-produk UMKM melalui jaringan Dekranasda dan Disperindagkop-UKM. Jadi jaringan kami memang sudah luas. Ini dilakukan untuk membantu UMKM di daerah-daerah terpencil seperti Muara Kaman dan Kutai Barat untuk memasarkan produk mereka ke pasar yang lebih luas," imbuhnya.

Lebih lanjut, Yayun mengajak untuk bisa mengunjungi Toko Kebun pada Kaltim Expo 2024. Dengan adanya Toko Kebun, dia berharap agar UMKM sektor perkebunan di Benua Etam dapat lebih mudah mengakses pasar dan meningkatkan penjualan produk mereka kepada masyarakat.

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait