(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Disbun Gelar Pelatihan Pemberdayaan Petani Kakao di Loa Kulu

19 Juli 2024 PPID Berita Daerah 461
Disbun Gelar Pelatihan Pemberdayaan Petani Kakao di Loa Kulu

LOA KULU. Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur (Disbun Kaltim) menyelenggarakan Pelatihan Pendampingan dan Pemberdayaan Kelompok Tani Perkebunan (Gapoktan Sumber Makmur) dengan fokus pada komoditi kakao di Desa Sungai Payang, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Acara ini berlangsung selama dua hari, pada 17-18 Juli 2024 kemarin, dan dihadiri oleh 16 anggota Gapoktan Sumber Makmur.

Pembukaan kegiatan dilakukan oleh Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, diwakili oleh Penyuluh Pertanian Ahli Muda, Dessy Susanti.

Sambutan disampaikan oleh Koordinator BPP Kecamatan Loa Kulu, Mulyadi, SPKP, dan Sekretaris Desa Sungai Payang, yang mewakili Kepala Desa.

Pelatihan ini bertujuan untuk mendukung perluasan areal tanaman kakao, dengan lokasi pelatihan di Kantor BPU Desa Sungai Payang.untuk memperkuat rasa memiliki dan meningkatkan kualitas serta kapasitas manajemen kelompok tani tersebut.

Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) petani dalam teknis budidaya sangat krusial untuk keberhasilan penanaman dan perubahan pola budidaya yang lebih baik.

Pemahaman yang mendalam dan keterampilan yang tepat dalam budidaya tanaman dapat secara signifikan meningkatkan produktivitas dan hasil panen.

"Melalui pelatihan dan pendampingan yang tepat, petani dapat diberikan dorongan dan motivasi untuk terus maju dan berkembang." ujar Dessy.

Hal ini tidak hanya memperkuat kelembagaan mereka, tetapi juga menumbuhkan kemandirian dalam mengelola usaha budidaya tanaman perkebunan.

Kombinasi antara peningkatan SDM dan kebersamaan yang kuat di dalam kelompok tani akan menjadi fondasi yang kokoh untuk mencapai produktivitas tinggi dan keberhasilan jangka panjang dalam sektor perkebunan. (afif/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait